Ada Klik,Ada Duit,MAU?Gabung Dengan KumpulBlogger.com

Semua Tentang MATA

Pembukaan

Spoiler for MATA:
Quote:
Mata adalah organ penglihatan yang mendeteksi cahaya. Yang dilakukan mata yang paling sederhana tak lain hanya mengetahui apakah lingkungan sekitarnya adalah terang atau gelap. Mata yang lebih kompleks dipergunakan untuk memberikan pengertian visual.



Bagian - bagian Dalam Mata

Spoiler for bagian - bagian dalam Mata:

Quote:
1. Pupil merupakan pintu masuk cahaya. Pupil akan mengecil jika berada di tempat terang dan membesar jika berada di tempat gelap. Pada bagian depan iris dan pupil terdapat kornea.

2. Kornea merupakan bagian yang bening dan transparan. Kornea berfungsi untuk memfokuskan dan mengatur cahaya yang masuk.

3. Lensa mata berfungsi untuk membentuk bayangan benda yang dilihat. Retina berfungsi sebagai layar penangkap bayangan benda yang dilihat.

4. Saraf mata berfungsi untuk meneruskan rangsangan ke otak.

5. Otot mata berfungsi untuk menggerakkan bola mata.

6. Iris berfungsi sebagai pemberi mata pada mata. karena itu, ada orang yang memiliki mata berwarna biru dan coklat.

7. Retina adalah selapis tipis sel yang terletak pada bagian belakang bola mata vertebrata dan cephalopoda. Retina merupakan bagian mata yang mengubah cahaya menjadi sinyal syaraf.



Proses penerimaan cahaya pada Mata

Spoiler for proses penerimaan cahaya pada mata:
Quote:
Bagian-bagian pada organ mata bekerjasama mengantarkan cahaya dari sumbernya menuju ke otak untuk dapat dicerna oleh sistem saraf manusia. Bagian-bagian tersebut adalah:

* Kornea Merupakan bagian terluar dari bola mata yang menerima cahaya dari sumber cahaya.


* Pupil dan Iris Dari kornea, cahaya akan diteruskan ke pupil. Pupil menentukan kuantitas cahaya yang masuk ke bagian mata yang lebih dalam. Pupil mata akan melebar jika kondisi ruangan yang gelap, dan akan menyempit jika kondisi ruangan terang. Lebar pupil dipengaruhi oleh iris di sekelilingnya.Iris berfungsi sebagai diafragma. Iris inilah terlihat sebagai bagian yang berwarna pada mata.


* Lensa mata Lensa mata menerima cahaya dari pupil dan meneruskannya pada retina. Fungsi lensa mata adalah mengatur fokus cahaya, sehingga cahaya jatuh tepat pada bintik kuning retina. Untuk melihat objek yang jauh (cahaya datang dari jauh), lensa mata akan menipis. Sedangkan untuk melihat objek yang dekat (cahaya datang dari dekat), lensa mata akan menebal.


* Retina Retina adalah bagian mata yang paling peka terhadap cahaya, khususnya bagian retina yang disebut bintik kuning. Setelah retina, cahaya diteruskan ke saraf optik.


* Saraf optik Saraf yang memasuki sel tali dan kerucut dalam retina, untuk menuju ke otak.



Cacat Mata

Spoiler for cacat mata:


- Miopi =
Quote:
Miopi adalah cacat mata yang membuat seseorang tidak dapat melihat benda yang jaraknya jauh dari mata . biasa di derita oleh para pelajar (ane pelajar nih gan )
- Hipermetropi =
Quote:
Hipermetropi adalah cacat mata yang membuat seseorang tidak dapat melihat benda yang jaraknya dekat dengan mata ( aneh ya gan )
- Presbiopi =
Quote:
Presbiopi adalah cacat mata yang membuat seseorang tidak dapat melihat benda yang jaraknya dekat maupun jauh dari mata . biasa di derita oleh para lansia . ( makanya nenek atau kakek kita suka gk ngenalin kita )
-
Quote:
Kerabunan atau Kebutaan = - Buta berarti seseorang tidak dapat melihat benda apapun sama sekali. Buta bisa saja diakibatkan keturunan, maupun kecelakaan. Rabun berarti seseorang hanya dapat melihat dengan samar-samar. Orang-orang yang buta maupun rabun biasanya "membaca" dengan jari-jarinya. Ini disebut huruf Braille.
- Buta Warna =
Quote:
Buta Warna adalah kondisi dimana seseorang sama sekali tidak dapat membedakan warna. Yang dapat dilihat hanyalah warna hitam, abu-abu, dan putih. Buta warna biasanya merupakan penyakit turunan. Artinya jika seseorang buta warna, hampir pasti anaknya juga buta warna.(yang ini kocak )
- Katarak =
Quote:
Katarak adalah suatu penyakit mata di mana lensa mata menjadi buram dan terjadi pada orang lanjut usia (lansia)
.




dikutip dari : www.unic77.tk: Semua Tentang MATA

0 komentar:

Post a Comment

adf.ly - shorten links and earn money!

Followers

KOMENTAR TERBARU

TOP KOMENTATOR

ARTIKEL POPULAR

PageRank Personal (Blogs) - TOP.ORG The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku

  ©** - Unik,Aneh,Lucu,Teknologi,Komputer Admin By Cah Yoman

Template by Dicas Blogger | Topo