Ada Klik,Ada Duit,MAU?Gabung Dengan KumpulBlogger.com

2 Rekor Muri Untuk Dragon Sushi Roll Terpanjang dan Replika Monas Tertinggi di Indonesia



Museum Rekor Dunia Indonesia
(MURI) memberikan penghargaan. Kali ini penghargaan diberikan kepada Jolly Time Popcorn dan Sushi Tie di Plaza Indonesia Jakarta.


Jolly Time Popcorn menerima penghargaan atas rekor pemrakarsa pembuatan replika Monas tertinggi dari rangkaian popcorn.

Sementara Sushi Tea sebagai pemrakarsa pembuatan dragon sushi roll terpanjang di Indonesia. Masing-masing tercatat sebagai rekor MURI dengan nomor 3953/R.MURI/X/2009 dan 3954/R.MURI/X/2009.


Chef Executive Officer Jolly Time Umar U Luther menjelaskan, replika Tugu Monas dibuat dengan skala replika 1:22, serta mempunyai ketinggian mencapai 600 cm dan lebar cawan berbentuk bujur sangkar seluas 205 cm x 205 cm. Miniatur Tugu Monas ini dikerjakan selama lima hari oleh tim ahli dari Jolly Time dan tim promosi dari Dorothe, yang terbuat dari jagung asli pilihan.


"Kerangka miniatur Monas porcorn ini dibuat dengan bahan multiplex dengan ketebalan 12 milimeter. Agar miniaturnya semakin kokoh, kami memanfaatkan 20 lembar multiplex berukuran 120 cm x 240 cm, yang dibentuk menjadi kerangka bagian cawan dan tiang Tugu Munas," jelas Umar usai menerima penghargaan dari Direktur MURI Sutikno Susilo, di Plaza Indonesia Jakarta, Jumat (30/10/2009).


Menurut Umar lagi, seluruh dinding dan isi miniatur Monas tersebut terbuat dari kurang lebih 123 kg popcorn dengan jenis white butterfly berwarna putih susu.


"Popcorn yang sebelumnya dimasak dengan minyak kelapa sebanyak 47,9 kg tersebut juga dicampur dengan 37,3 kg gula pasir, 72 kg corn sirup, dan 24,8 liter air, sehingga setiap butir popcorn mempunyai lapisan gula yang berfungsi sebagai perekat. Popcorn yang sudah direkatkan dan dipres ini dibentuk menjadi bidang dinding bagian cawan dan tugu replika," paparnya.


Umar menjelaskan, perekatan beberapa lapis dinding yang terbuat dari popcorn ini juga dibantu dengan lem sterofoam dengan proses pemanasan. Sedangkan bagian puncak Monas yang menyerupai api emas terbuat dari bahan stereofoam yang diukir agar menyerupai bentuk aslinya, dan dibungkus oleh popcorn caramel yang dimasak menggunakan gula caramel sebanyak 1,2 kg dan dikerjakan dalam 5 hari.


Tidak kalah unik dengan replika Tugu Monas, Sushi Tie Plaza Indonesia mempersembahkan giant jumbo dragon roll sebagai masterpiece, yang juga salah satu menu favorit di restoran Sushi Tie dan lambang dari binatang legenda yang sempurna, hebat, dan dihormati.


"Makanan tersebut adalah menu favorit di outlet Sushi Tie. Jadi dari sana lah kami berpikir membuat sesuatu yang berbeda dengan bentuk unik. Akhirnya kami sepakat menciptakan giant jumbo dragon roll," tutur Angela Lovenia, Marketing Manager PT Sushi Tie Indonesia.


Menurut Angela, giant jumbo dragon roll terbuat dari 100 kg beras Jepang, 20 liter sushi vinegar, dan bahan lainnya yang diolah sedemikian rupa sehingga membentuk seekor naga dengan panjang sekira 4 meter. Sementara untuk diameter badannya 50 cm, serta seberat 55 kg.


"Untuk proses masak nasi itu dimulai dari Kamis (29/10), pukul 22.00 WIB, dan selesai Jumat (30/10), pukul 10.00 WIB," tutup Angela menyebut giant jumbo dragon roll dibuat oleh 20 orang.



• Okezone.com

1 komentar:

Nikmaya John April 5, 2011 at 1:07 AM  

pertamax

Terima kasih Untuk Komentar Sobat Pada Artikel Ini... by Tegal Online

Post a Comment

adf.ly - shorten links and earn money!

Followers

KOMENTAR TERBARU

TOP KOMENTATOR

ARTIKEL POPULAR

PageRank Personal (Blogs) - TOP.ORG The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku

  ©** - Unik,Aneh,Lucu,Teknologi,Komputer Admin By Cah Yoman

Template by Dicas Blogger | Topo