Ada Klik,Ada Duit,MAU?Gabung Dengan KumpulBlogger.com

Radar Bandara Soekarno-Hatta Mati, Pesawat Putar-putar di Udara

http://static.republika.co.id/images/bandara_soekarno_hatta_100712154308.jpg




Sistem radar yang mengatur lalu lintas pesawat di Bandara Soekarno-Hatta mati total pada pukul 09.00 - 09.40 WIB. Akibatnya, beberapa pesawat harus berputar-putar di udara hingga sejam untuk menunggu giliran mendarat.

"(Sistem radar) sempat mati total, untungnya kita masih bisa menangani. Kita back up dengan sistem non-radar. Jadi butuh waktu lebih lama. Sehingga pesawat yang mau mendarat harus berputar-putar dulu menunggu pendaratan," jelas Ketua Indonesian Air Traffic Controllers Association (IATCA), Imam Waski, saat berbincang dengan detikcom, Minggu (29/8/2010).

Menurut dia, saat ini teknisi masih mencari penyebab matinya sistem radar tersebut. "Kita masih mencari informasi kenapa sampai sistem radarnya mati total," ujarnya.

Kejadian ini, lanjut Imam, bukan pertama kalinya terjadi. Jika sistem radar mati, petugas akan memandu lalu lintas pesawat dengan sistem non-radar. Sistem non-radar ini menyebabkan selang waktu pendaratan dan keberangkatan pesawat lebih lama.

"Biasanya dengan sistem radar, jarak antara satu pesawat dan pesawat lain 10 mile atau 3-4 menit. Kalau dengan sistem non-radar butuh waktu 10 menit. Untuk menghindari tabrakan," jelasnya.

Seorang pembaca detikcom, Icha, menceritakan pengalamannya berputar-putar di udara akibat kerusakan sistem radar tersebut.

"Menyeramkan kejadian siang ini. Aku melakukan perjalanan dari Makassar ke Jakarta memakai GA 613, cuaca sangat baik dan clear. Tetapi 30 menit sebelum mendarat pukul 09.30 WIB, pilot mengumumkan bahwa akan mengalami keterlambatan atau delay selama 25 menit karena sistem radar di Bandara Soekarno-Hatta mati," tulisnya lewat surat elektronik.

"Finally kami semua total berputar-putar di udara selama 1 jam. Semoga kejadian kaya gini tidak terulang karena menyangkut banyak orang dan bandara kan
sarana sangat vital," lanjut Icha. (ayu/nrl)




sumber :http://www.detiknews.com/read/2010/08/29/120730/1430393/10/radar-bandara-soekarno-hatta-mati-pesawat-putar-putar-di-udara?991101605

0 komentar:

Post a Comment

Followers

KOMENTAR TERBARU

TOP KOMENTATOR

ARTIKEL POPULAR

PageRank Personal (Blogs) - TOP.ORG The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku

  ©** - Unik,Aneh,Lucu,Teknologi,Komputer Admin By Cah Yoman

Template by Dicas Blogger | Topo