Ada Klik,Ada Duit,MAU?Gabung Dengan KumpulBlogger.com

Dell Uji Coba Netbook Google Chromium OS

The image “http://techno.okezone.com/images-data/content/2009/12/01/324/280704/MIaD9oK9dS.jpg” cannot be displayed, because it contains errors.

SAN FRANCISCO - Dell akan menguji coba sistem operasi Google Chromium yang disematkan di Inspiron Mini 10v. Chromium OS yang dirilis awal bulan ini, merupakan proyek sampingan Google selain Chrome OS. Sistem operasi ini sendiri berjalan pada kernel Linux, yang kodenya bisa dikembangkan oleh siapa saja.

Seperti diketahui, Chrome OS yang dinanti banyak orang akan diperkenalkan kepada publik setidaknya sampai tahun depan. Sambil menunggu OS tersebut, perusahaan yang berbasis di California itu membuka kode Chromium OS agar bisa diambil siapa saja. Dan Dell menjadi vendor pertama yang menerima tantangan tersebut melalui Inspiron Mini 10v.

"Tanpa sambungan jaringan internet, Chromium OS tidak terlalu menarik. Karena dengan jaringan yang kuat, pengguna baru merasakan hebatnya Chromium OS," jelas Doug Anson, Dell Linux Technology Strategist, seperti yang diberitakan AFP, Selasa (1/12/2009).

"Chromium OS adalah sistem operasi kecil, yang membuatnya sangat sederhana dan mudah untuk menelusuri internet. OS ini juga membuat proses booting lebih cepat, sekitar 12 detik setelah menekan tombol power," tambahnya.

Kendati demikian, Anson menjelaskan, netbook Chromium OS-nya tersebut belum akan dilempar secara komersial ke konsumen. Pihak Dell saat ini sedang melakukan rangkaian uji coba, agar netbook berbasis Chromium OS ini bisa tepat atau tidak dilempar ke pasaran.

Menurut Google, Chromium adalah nama dari proyek ini dan bukan nama produk. Artinya, Chromium tidak dapat muncul dengan nama yang lain, termasuk nama API-nya. Chromium hanya menggunakan kata dasar chrome.(okezone.com)

0 komentar:

Post a Comment

adf.ly - shorten links and earn money!

Followers

KOMENTAR TERBARU

TOP KOMENTATOR

ARTIKEL POPULAR

PageRank Personal (Blogs) - TOP.ORG The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku

  ©** - Unik,Aneh,Lucu,Teknologi,Komputer Admin By Cah Yoman

Template by Dicas Blogger | Topo