Ada Klik,Ada Duit,MAU?Gabung Dengan KumpulBlogger.com

1001 Inovasi: Pameran Peradaban Islam di Istanbul


Pameran peradaban dan kebudayaan Islam bertemakan 1001 Inovasi (1001 of Inovation) dibuka di komplek bundaran Masjid Sultan Ahmet di Istanbul pada Kamis (26/8) kemarin. Pameran tersebut mengetengahkan beberapa karya seni, teknologi, sains, dan sastra yang dihasilkan oleh peradaban Islam.

Ide untuk menggelar acara pameran ini sendiri datang langsung dari Perdana Menteri Turki Recep Tayyep Erdogan yang pada bulan Maret lalu melakukan kunjungan kenegaraan ke London dan mengunjungi pameran terbuka di kota itu.

Pasca kunjungan tersebut, Erdogan lalu mengeluarkan instruksi untuk menggelar pameran besar-besaran bertemakan peradaban dan kebudayaan Islam, pencapaian-pencapaiannya, serta pengaruhnya terhadap renaissance Eropa dan sejarah kemanusiaan.

Selain itu, pameran peradaban Islam ini juga digelar untuk memeriahkan berbagai macam even kebudayaan di Istanbul yang pada tahun ini dinobatkan sebagai Ibu Kota Budaya Eropa.

Kawasan bundaran Sultan Ahmet di Istanbul telah menjadi semacam bundaran kebudayaan dan kesenian, sekaligus museum terbuka--selain sebagai tempat istirahat yang rindang dan nyaman. Bundaran yang berada di kompleks wisata Sultan Ahmet Camii, Hagia Sophia, dan Istana Topkapi serta dekat dengan tepian Bosphorus itu Setiap pekan senantiasa menggelar pertunjukan kebudayan.

Menurut jadwal, pameran tersebut akan dibuka untuk umum sampai pekan pertama bulan Oktober mendatang, untuk kemudian kembali digelar di Amerika. (AGS/db)


sumber

0 komentar:

Post a Comment

adf.ly - shorten links and earn money!

Followers

KOMENTAR TERBARU

TOP KOMENTATOR

ARTIKEL POPULAR

PageRank Personal (Blogs) - TOP.ORG The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku

  ©** - Unik,Aneh,Lucu,Teknologi,Komputer Admin By Cah Yoman

Template by Dicas Blogger | Topo