Ada Klik,Ada Duit,MAU?Gabung Dengan KumpulBlogger.com

Ilmuwan Kembangkan Kornea Buatan

WASHINGTON - Ilmuwan berhasil menciptakan sebuah kornea buatan dengan cara memasukkan sepotong kolagen ke dalam sel-sel mata yang akan menyesuaikan diri ke dalam sel korneal asli sehingga dapat menumbuhkan dan memulihkan pengllihatan kembali.

Sebelum mempublikasikan pengembangan ini, para ilmuwan telah mengujicobakan kornea buatan ini ke 10 pasien di Swedia. Meski belum bisa dipasarkan, namun para ilmuwan percaya jika hal ini merupakan langkah maju untuk bisa mengembangkan transplantasi kornea untuk para penderita tunanetra, dimana mereka tidak memiliki banyak persediaan donasi.

"Kami sedang berusaha untuk menumbuhkan kornea dari dalam," kata Dr Mei Griffith, ilmuwan senior di Ottawa Hospital Research Institute Kanada, yang juga profesor kedokteran regeneratif di Linkoping University di Swedia, seperti dikutip melalu Strait Times, Kamis (26/8/2010).

Sebuah penglihatan bergantung pada kornea yang sehat, seperti film di permukaan mata dan membantu memfokuskan cahaya. Kornea memang sangat rapuh, mudah terkena cedera atau infeksi, dan sekira 42.000 orang di AS menerima transplantasi kornea setiap tahun.

Meski pasokan kornes sudah mencukup di AS, namun donasi kornea mata tidak tersedia di banyak negara, dengan perkiraan sekira 10 juta orang di seluruh dunia yang mengalami kebutaan.

Selain itu, peneliti berusaha untuk memperbaiki kornea buatan yang terbuat dari plastik dan menciptakan pengobatan sel induk yang dapat memacu pertumbuhan kornea.

Target ilmuwan berikutnya adalah kornea bioartificial, sebuah upaya untuk menggunakan bahan alami yang sama yang membentuk kornea asli untuk mendorong penyembuhan.


sumber

0 komentar:

Post a Comment

Followers

KOMENTAR TERBARU

TOP KOMENTATOR

ARTIKEL POPULAR

PageRank Personal (Blogs) - TOP.ORG The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku

  ©** - Unik,Aneh,Lucu,Teknologi,Komputer Admin By Cah Yoman

Template by Dicas Blogger | Topo