Ada Klik,Ada Duit,MAU?Gabung Dengan KumpulBlogger.com

Mau Langsing? Minum Air Putih Sebelum Makan


Bingung atau resah berat badan tak kunjung menyusut. Tutup buku diet anda dan cobalah cara sederhana berikut, minum air putih sebelum makan. Sebuah studi menyebutkan mengkonsumi dua gelas air putih sebelum makan dapat mengurangi berat badan. Disebutkan pula dalam studi itu seorang dewasa dan paruh baya yang mengkonsumsi air putih sebelum menyatap makanan rendah kalori mengalami penurunan berat badan ketimbang individu yang tidak meminum air putih sebelum makan.
Sebelumnya, peneliti membagi pria dan wanita obesitas dengan rentang usia 55-75 tahun dalam dua kelompok. Yang pertama diharuskan menjalani diet rendah lemak, diet rendah kalori dan kelompok kedua juga dengan diet serupa plus mengonsumsi air putih sebelum sarapan, makan siang dan makan malam. Setelah dua minggu, kelompok yang mengkonsumsi air putih sebelum makan mengalami penurunan berat badan sekitar 15.5 pon atau 7.03 kg. Sedangkan kelompok yang tidak mengkonsumsi air putih hanya mengalami penurunan berat bada sekitar 11 pon atau 4.98 kg.

Ide awal dari penggunaan air putih sebagai bagian dari diet berasal dari riset sebelumnya yang menyatakan individu dewasa yang mengkonsumsi air putih sebelum makan mengurangi nilai kalori makanan hingga 70-90 persen. Peneliti Senior Departemen Nutrisi, Makanan dan Olahraga, Virginia Tech, Brenda Davy, mengungkap mengonumsi banyak air merupakan strategi sederhana yang mungkin bisa membantu masyarakat untuk menurunkan berat badan. "Kami tidak mengatakan mengkonsumsi banyak air saja, berat badan bakal turun. Tapi perlu juga asupan randah kalori," kata dia seperti dikutip healthday, Rabu (25/8).

Davy menilai satu hal yang membuat diet menjadi sulit adalah menjaga berat badan tetap dalam jangka panjang. Setelah 12 minggu paska riset, Davy dan kolegnya mengunjungi patisipan. Setahun sudah riset berjalan, terdapat fakta baru dimana partisipan yang konsisten mengkonsumsi air putih sebelum makan memiliki berat badan yang stabil. Bahkan dari sejumlah patisipan mengalami penurunan berat badan hingga 1.5 pon atau 0.68 kg.

Khusus individu berusia tua, penurunan berat badan memang memakan waktu lama, Hal itu dikarenakan perlu waktu untuk membuat perut kosong. Dengan mengkonsumsi air, membantu mereka merasa kenyang dan mengurangi nafsu makan. Sementara itu, bagi remaja, air cenderung cepat diproses sehingga penurunan berat badan berlangsung cepat.

Barry Popkin, Direktur University of North Carolina menilai temuan ini sangat menjanjikan. Menurut dia, riset ini menyarankan kepada setiap individu untuk mengkonsumsi banyak air putih, banyak mengkonsumi buah, hindari minuman mengandung gula dan kurangi makanan berkalori tinggi. "Kasus obesitas yang terjadi di AS mencerminkan masyarakat AS mengalami peningkatan konsumsi kalori sebesar 300 kalori dibanding 30 tahun lalu. Peningkatan itu lantaran masyarakat AS banyak mengkonsumsi soda, jus yang ditambahkan gula, minuman kesehatan dan teh manis," kata dia.

Popkin menilai jika seseorang mengkonsumsi banyak air sebelum makan dan mengisi perut dengan makanan secukupnya, maka dia akan meminimalisir jumlah asupan yang diperlukan. "Kami percaya mendorong masyarakat mengkonsumsi air bisa menggantikan kalori dari semua jenis minuman yang kita konsumsi," ujarnya.

Secara terpisah, Asisten Profesor, ating Disorders Center, Columbia University, Carla Wolper menyatakan tantangan selanjutnya paska temuan ini adalah bagaimana cara mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi air putih. "Pertanyaannya adalah, apakah masyarakat secara konsisten melanjutkan konsumsi air putih diluar riset. Kami tahu mengubah kebiasan itu sangat sulit, karena membutuhkan waktu dan energi," ujarnya.

(republika)

0 komentar:

Post a Comment

Followers

KOMENTAR TERBARU

TOP KOMENTATOR

ARTIKEL POPULAR

PageRank Personal (Blogs) - TOP.ORG The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku

  ©** - Unik,Aneh,Lucu,Teknologi,Komputer Admin By Cah Yoman

Template by Dicas Blogger | Topo