Ada Klik,Ada Duit,MAU?Gabung Dengan KumpulBlogger.com

Hujan Meteor Akan Mempesona Bumi

Meteor Para ahli memprediksi puncak hujan meteorid akan terjadi pada 17 November. Hujan meteor Leonid, akan menyiram bumi dengan 30-300 bintang jatuh tiap satu jam, tergantung tempat yang tepat untuk melihat.

Puncak hujan Leonids akan terlihat jelas bagi pengamat di Amerika Utara dan Eropa.Di daerah tersebut, pengamat disarankan untuk jauh dari lampu kota pada jam 2-4 pagi tanggal 17 waktu AS. Hujan meteor akan terlihat 30-50 meteor per jam. Tetapi di Asia, puncak terjadi pada saat subuh, sehingga pengamat berkesempatan lebih besar.

“Berkat kemajuan komputer, sejak 1990-an kita telah mampu meramalkan aktivitas ini,” kata William Cooke, kepala Kantor Lingkungan Hidup Meteor NASA.

“Tahun ini ada akan menjadi puncak ledakan Leonid, di mana jumlahnya hingga 300 per jam,” kata Cooke.

Fenomena itu disebut Leonids karena memancar dari konstelasi Leo si singa, yang naik di atas cakrawala timur laut jam 1 sampai jam 3 tergantung dari lokasi.

Seperti hujan meteor lain, Perseids dan Orionids, Leonids meninggalkan jejak di belakang komet yang mengorbit matahari.

Ketika sebuah komet mendekati matahari, es yang mencair mengeluarkan potongan debu yang lebih besar dari butiran pasir. Saat melintasi bumi setiap tahun, komet terbakar di atmosfer.

Ilmuwan menyebut Leonid seperti bintang rock yang temperamental. Kebanyakan hanya mengeluarkan sedikit penampakan 15 bintang jatuh dalam satu jam.

Namun, dalam tahun lainnya, tiba-tiba bisa meletus Leonids sebagai badai meteor yang spektakuler, dengan tingkat lebih dari seribu meteor per jam.

Itu karena jejak puing-puing komet yang menciptakan Leonids tidak merata. Orangtua komet, Tempel-Tuttle, mendekati matahari setiap 33 tahun dan meninggalkan gumpalan bahan segar.

“Dalam kasus-kasus luar biasa, bumi akan menyelam di dekat komet, dan penampakannya akan benar-benar astronomis,” kata Geza Gyuk, seorang astronom di Planetarium Adler di Chicago.

Seperti hujan Leonids pada 1833, misalnya, sebanyak seratus ribu meteor per jam, setara dengan rata-rata 30 meteor per detik, kata Gyuk.

Untuk 2009, para ahli meramalkan Leonids lebih moderat namun awan selebar 100.000 kilometer yang terbuat dari puing-puing akan terbentuk seperti pada 1467 dan 1533.

Seperti halnya hujan meteor, Anda tidak perlu peralatan optik mahal untuk menikmati pertunjukan itu, tambah Cooke.

“Cara terbaik adalah dengan menggunakan mata telanjang sehingga dapat menerima sebanyak mungkin dari langit,” katanya.

“Cukup berbaring, mempersenjatai diri dengan selimut hangat dan cokelat panas, dan hanya melihat lurus ke atas.”

Sumber : inilah.com

0 komentar:

Post a Comment

adf.ly - shorten links and earn money!

Followers

KOMENTAR TERBARU

TOP KOMENTATOR

ARTIKEL POPULAR

PageRank Personal (Blogs) - TOP.ORG The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku

  ©** - Unik,Aneh,Lucu,Teknologi,Komputer Admin By Cah Yoman

Template by Dicas Blogger | Topo