Ada Klik,Ada Duit,MAU?Gabung Dengan KumpulBlogger.com

Lunascape, browser tercepat dengan 3 rendering engine

lunascape Lunascape, browser tercepat dengan 3 rendering engineLunascape, sebuah internet browser terbaru buatan negara Sakura digemborkan oleh pembuatnya Hidekazu Kondo dan sekarang beliau telah menjadi CEO di Lunascape co., LTD. sebagai browser tercepat karena menggunakan 3 buah rendering engine yaitu:

  1. Trident (Internet Explorer, Avant Browser, Maxthon)
  2. Gecko (Firefox, Seamonkey, K-Meleon, Epiphany)
  3. Webkit (Safari, Chrome, Shiira, Arora)

Ketiga mesin rendering diatas digabungkan menjadi satu didalam sebuah browser Lunascape akan memberikan sebuah kekuatan baru dan efisien waktu ketika sesorang menggunakan Lunascape untuk browsing.

Lunascape juga diklaim sebagai browser tercepat berdasarkan pengujian menggunakan engine Gecko versi terakhir yang sudah dimodifikasi. Pengujian dilakukan di situs di SunSpider dan hasilnya seperti yang terlihat pada grafik diabwah ini.

sunspiderjavascriptbenchmarkseptemb Lunascape, browser tercepat dengan 3 rendering engine

Kehebatan Lunascape terletak pada kemapuannya menggunakan 3 buah rendering engine untuk merender sebuah webpage secara bersamaan dan ke 3 rendering engine tersebut juga bisa di set untuk dipakai secara bergantian. Cuma pada awal pemakaian kita tetap disodori untuk memilih salah satu rendering engine sebagai default rendering engine.

lunascapeinstallation Lunascape, browser tercepat dengan 3 rendering engine

Lunascape juga menyediakan sejumlah fitur-fitur untuk penggunanya al:

  • Crash Protection, crash tidak akan mempengaruhi seluruh browser, cukup dengan menutup tab yang bermasalah saja Anda tetap dapat melanjutkan browsing
  • Mouse Gesture, menjalankan berbagai fungsi yang ada dengan gerakan tetikus
  • Tabbed browsing
  • RSS News dan Blog Info
  • Podcast
  • Form Auto-Saver
  • Security Management
  • Popup News
  • Multi Searchbar
  • Smart Favorites

Theme dan Plugin Lunascape

Ah…memang bukan orang Jepang kalau tidak memberikan sesuatu yang lebih baik dibandingkan dengan pesaingnya. Lunascape, disamping dibuat memiliki 3 buah rendering engine dan fitur-fitur yang cukup komplit juga dilengkapi dengan theme dan plugin untuk memberikan kepada pengguna untuk menyesuaikan seleranya masing-masing. Theme dan plugin ini merupakan salah satu kelebihan juga dibanding dengan browser lain seperti Firefox, IE, Safari, Opera dan Google Chrome. Google Chrome rupanya lahir tidak tepat waktu karena baru berusia bayi sudah mendapatkan saingan baru yaitu Lunascape. Cuma agak sayang memang, karena theme dan plugin yang direlease yang berjumlah 216 theme yang dikelompokan kedalam 8 category semuanya masih berbasis bahasa Jepang. Namun dengan menginstall Google Translate, anda bisa membuat Lunascape pintar berbahasa asing lainnya.

Untuk mendownload theme Lunscape anda bisa download di Skin Center, sedangkan untuk plugin bisa didownload di Plug-in Center.

Tips install Lunascape

Pada saat anda download Lunascape yang besarnya file sekitar 8.8 megabyte, Lunascape tidak menyertakan rendering engine Gecko, jika computer anda terhubung dengan computer pada saat install Lunascape maka program installnya secara otomatis akan mendowload file rendering engine Gecko sebesar sekitar 12 megabyte. Jika posisi komputer anda tidak terhubung ke internet pada saat install Lunascape, maka akan ditampilkan popup windows yang menawarkan untuk menginstall rendering engine Gecko, klik saja Cancel jika anda tidak ingin install rendering engine Gecko. Rendering engine Gecko bisa anda download dan install dikemudian hari dengan pilih Tools panel Menu Bar dan pilih Lunascape Settings…

lunascape_engine Lunascape, browser tercepat dengan 3 rendering engine

Pada saat install Lunascape juga anda akan ditanyakan untuk memilih browser style, saya sendiri juga baru coba yang standar style Lunascape untuk mengexplore dulu yang standard nanti baru coba style lain. Tampilan untuk memilih browser stylenya seperti gambar dibawah ini.

lunascape_browser_style Lunascape, browser tercepat dengan 3 rendering engine

Setelah selesai install, tampilan standard style browser Lunascape seperti gambar dibawah ini. Anda juga bisa mengganti tampilan style lain yang anda sukai.

lunascape_browser_550 Lunascape, browser tercepat dengan 3 rendering engine

Kalau anda sudah terbiasa menggunakan browser lain, anda akan merasakan beberapa hal yang agak berbeda dengan Lunascape. Misalnya anda membuka beberapa situs dan anda menggunakan tab untuk masing-masing situs, jika posisi pointer anda diletakan dipinggir scroll panel atau posisi pointer anda berada ditengah-tengah panel kiri (lihat gambar atas) dan anda menggerakan scroll button di mouse anda maka yang berfungsi disini adalah pindah dari satu TAB ke TAB yang lain. Akan tetapi jika pointer diletakkan ditengah-tengah scroll bar dan scroll button mouse digerakkan maka yang berfungsi disini adalah menaikkan atau menurunkan halaman website, fitur-fitur ini akan membuat gerakan mouse pemakainya semakin efisien. Dan hebatnya lagi adalah anda masih diberi kemungkinan untuk mengkonfigurasi sendiri fungsi tombol mouse sesuai kehendak anda di MOUSE ACTION. Memang dasar orang Jepang yang selalu memperhitungkan hal yang sekecil-kecilnya.

Kesan saya setelah mencoba dan mengobarak-abrik fitur-fitur Lunascape adalah bahwa Lunascape memang benar-benar luar biasa. Mungkin setelah anda sendiri mencoba dan membandingkannya dengan Google Chrome (yang polos dan miskin fitur), anda akan sependapat dengan saya bahwa Google Chrome pasti akan tersingkir dari kancah persaingan browser.

Untuk anda yang browser maniak bisa tuh cepat download Lunascape5 sekitar 8.8 megabyte dan mencobanya di komputer anda.

0 komentar:

Post a Comment

adf.ly - shorten links and earn money!

Followers

KOMENTAR TERBARU

TOP KOMENTATOR

ARTIKEL POPULAR

PageRank Personal (Blogs) - TOP.ORG The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku

  ©** - Unik,Aneh,Lucu,Teknologi,Komputer Admin By Cah Yoman

Template by Dicas Blogger | Topo