Ada Klik,Ada Duit,MAU?Gabung Dengan KumpulBlogger.com

Lingkaran Matahari (Halo) Muncul di Langit Padang

Halo Matahari menyapa Padang - Halo matahari adalah fenomena alam yang berupa pelangi yang mengelilingi Matahari. Dan kini sebagian besar warga kota Padang sudah bisa melihatnya. Halo Matahari menyapa Padang pada pukul 10.00 hingga pukul 14.00 di Padang, sebagian warga bahkan keluar rumah dan gedung perkantoran seperti yang dilakukan sejumlah pegawai di kantor Pertamina wilayah I Sumbar yang buru-buru keluar gedung kantor untuk menyaksikan fenomena alam tersebut.

"Cobalah lihat keluar, ada pelangi mengelilingi matahari," kata Yanti (45), salah seorang warga. Sebagian warga juga mengabadikan fenomena unik Halo Matahari yang berlangsung antara pukul 10.00 hingga sekitar pukul 14.00 itu dan membagikannya di situs jejaring sosial.

Halo matahari terjadi karena pembiasan cahaya matahari oleh uap air yang terjadi di atmosfer sehingga membentuk lingkaran pelangi. Terakhir kali, fenomena halo matahari terjadi di Bogor pada Selasa (12/10/2010) lalu.

Sejak pukul 10.00, Kamis 21 Oktober 2010, terjadi fenomena halo matahari di atas Kota Padang, Sumatera Barat. Sebagian besar warga lalu mengaitkan fenomena ini dengan gempa besar. "Fenomena ini soalnya pernah terjadi sehari setelah gempa besar 30 September 2009," kata Sari, seorang warga Padang. Dan Sari pun penasaran dengan fenomena ini, mencoba mengabadikan dengan kamera ponselnya.

Saat fenomena halo Matahari terjadi, cuaca dilaporkan cerah meski terdapat sedikit awan. Menurut Wikipedia, fenomena halo adalah fenomena optis yang terjadi karena pembiasan uap air oleh cahaya matahari sehingga kadang memunculkan pelangi mengelilingi matahari. Fenomena yang sama juga sering terjadi pada saat bulan purnama, sehingga disebut halo bulan.

Kemungkinan gempa besar di Sumatera Barat sudah berulang kali dilansir Staf Khusus Presiden Bidang Bencana Andi Arief. Andi mengungkapkan dua daerah Sumatera yang berpotensi terkena gempa rambatan adalah di Bengkulu dan Mentawai. Menurut dia, Mentawai diprediksi tak lama lagi berpotensi diguncang gempa besar berkekuatan 8,1 SR. "Namun, kita tidak bisa tahu itu kapan terjadi."

source : http://www.anehnie.com/

0 komentar:

Post a Comment

Followers

KOMENTAR TERBARU

TOP KOMENTATOR

ARTIKEL POPULAR

PageRank Personal (Blogs) - TOP.ORG The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku

  ©** - Unik,Aneh,Lucu,Teknologi,Komputer Admin By Cah Yoman

Template by Dicas Blogger | Topo