Ada Klik,Ada Duit,MAU?Gabung Dengan KumpulBlogger.com

Pesan di Secarik Kertas dari 33 Petambang Cile Dipatenkan

Presiden Pinera dengan gembira memperlihatkan pesan dari petambang

Pesan yang mengumumkan bahwa para petambang Cile masih hidup dan dalam kondisi baik sekarang dipatenkan menjadi hak paten petambang yang menulis pesan itu.


Jose Ojeda menulis di secarik kertas “Estamos bien en el refugio los 33″ (“Kami ber-33 baik-baik saja di ruang darurat”) yang ditemukan ditempelkan di mesin robot pencari 17 hari setelah tambang runtuh.


Pesan itu membawa harapan baru bagi Cile dan sekarang dicetak di banyak bendera, gelas dan baju kaus selama operasi penyelamatan berlangsung.


Penulis Cile Pablo Huneeus mendaftarkan hak paten kalimat itu bagi Ojeda.


Huneeus, yang juga merupakan seorang pengamat sosial terkemuka, mengatakan dia ingin memastikan tidak ada orang yang bisa menyalahgunakan kalimat itu.



Karya seni


“Kalimat ini adalah karya seni,” kata Huneeus, “dan tidak ada orang lain yang bisa memilih kata-kata yang lebih bagus dari itu. Menggunakan otak adalah salah satu cara menghasilkan uang.”


Huneeus mengatakan kepada surat kabar New York Times bahwa dia terdorong untuk segera mendaftarkan hak cipta kalimat itu setelah menyaksikan Presiden Cile Sebastian Pinera membagi-bagikan salinan pesan itu kepada Ratu Inggris dan Perdana Menteri David Cameron dalam kunjungannya ke Inggris.


Presiden Pinera juga membagi-bagikan potongan batu dari tambang San Jose kepada pemimpin sejumlah negara yang didatanginya dalam lawatan ke Eropa itu.


“Menurut saya itu berlebihan,” ujar Huneeus. “Menurut undang-undang kami, hak cipta untuk kreasi, penemuan, lagu, satu karya seni, adalah milik penulisnya.”


Ojeda, seorang duda yang menderita penyakit diabetes yang menjadi petambang ketujuh yang diselamatkan dari tambang San Jose, dilaporkan bersyukur mulai sekarang tidak akan ada orang lain yang bisa mendapat keuntungan dari kata-kata yang dirangkainya itu.


Huneeus mengklaim para petambang juga menginginkan agar Presiden Pinera mengembalikan pesan asli dari mereka.


Presiden Cile itu dilaporkan menganggap pesan di secarik kertas itu sebagai warisan nasional.


Sejak mereka dievakuasi dari tambang secara dramatis minggu lalu, Ojeda dan 32 petambang lainnya mendapat banyak permintaan wawancara dari media, menjadi bintang iklan serta tawaran mendapat hadiah, pekerjaan dan bahkan liburan gratis.

Sumber : http://solocybercity.wordpress.com

0 komentar:

Post a Comment

Followers

KOMENTAR TERBARU

TOP KOMENTATOR

ARTIKEL POPULAR

PageRank Personal (Blogs) - TOP.ORG The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku

  ©** - Unik,Aneh,Lucu,Teknologi,Komputer Admin By Cah Yoman

Template by Dicas Blogger | Topo