Ada Klik,Ada Duit,MAU?Gabung Dengan KumpulBlogger.com

Temuan Baru: Komodo Berasal Dari Benua Afrika

Inilah Pembuktian Bahwa Komodo Indonesia Berasal Dari Afrika ... !!? - Para peneliti dari University of Alberta, Kanada, mencoba mencari hubungan misterius antara tulang-tulang kadal purba yang ditemukan di Afrika dengan kadal terbesar yang ada di Indonesia saat ini, yakni Komodo (Varanus komodoensis).

Ahli Biologi Alison Murray dan Rob Holmes menyatakan bentuk yang unik fosil vertebrata Afrika berusia 33 juta tahun ini berkaitan dengan komodo yang diduga sudah ada sejak sekitar 700.000 tahun lalu.

http://www.tribunnews.com/foto/bank/images/Pulau-komodo.jpg
Komodo (Varanus komodoensis)


“Fosil Afrika ditemukan di gurun. Fosil ini dipastikan merupakan kadal dengan genus Varanus. Ada lebih dari 50 spesies dengan genus Varanus yang hidup hingga kini, termasuk Komodo dan kadal besar lainnya,” kata Holmes.

Holmes mengatakan fosil vertebrata yang ditemukan di Afrika merupakan kadal sepanjang sekitar satu setengah meter yang dapat berenang. Varanus purba ini ditemukan di daerah yang sebelumnya merupakan dasar sungai atau danau kecil. Fosil ini dapat menjadi petunjuk kunci perpindahan nenek moyang ke sisi lain dunia.

“Apakah hewan ini hidup di air atau daratan sekitarnya, kami tidak tahu. Tapi, kami tahu bahwa beberapa spesies modern Varanus nyaman dengan berenang di air bersih,” ujar Holmes.

“Dari sekitar 100 juta tahun lalu hingga 12 juta tahun lalu, Afrika terisolasi, dikelilingi lautan. Tapi, hewan-hewan berhasil keluar dari Afrika pada periode itu,” tutur Murray. Namun, para peneliti sepakat berenang tidak akan membawa kadal Afrika sampai ke Indonesia.

Murray mengatakan salah satu teori yang belum terbukti tentang cara Varanus keluar dari Afrika adalah bahwa selama jutaan tahun ada daratan kecil atau lempeng mikro yang ditinggali aneka fauna, bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya.

Dengan pergerakan daratan kecil inilah, kemungkinan satwa yang ada di Afrika bermigrasi ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Di Indonesia, Komodo dapat ditemukan di Pulau Komodo, Rinca, Flores, dan Gili Motang. Komodo merupakan salah satu satwa yang dilindungi. International Union for Conservation of Nature mengkategorikan Komodo sebagai satwa yang terancam punah.

Diperkirakan ada sekitar 4.000 hingga 5.000 Komodo yang hidup di alam bebas. Namun, diperkirakan hanya ada 350 Komodo betina yang subur.

source: http://beritatekhnologi.blogspot.com


0 komentar:

Post a Comment

Followers

KOMENTAR TERBARU

TOP KOMENTATOR

ARTIKEL POPULAR

PageRank Personal (Blogs) - TOP.ORG The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku

  ©** - Unik,Aneh,Lucu,Teknologi,Komputer Admin By Cah Yoman

Template by Dicas Blogger | Topo