Ada Klik,Ada Duit,MAU?Gabung Dengan KumpulBlogger.com

5 Kebiasaan Yang Membuat Anda Sakit !!!

Ingatkah Anda pada pesan "kuman ada di mana-mana!" Kuman bisa ada di meja kerja Anda, di baju Anda, di peralatan makan Anda, di ponsel Anda, bahkan ada di makanan Anda. Ya! sejak awal memang Anda diharuskan untuk lebih waspada dan cermat pada kuman yang selalu siap sedia mengincar Anda dan membuat Anda sakit.KapanLagi.com - Oleh: Agatha Yunita

Dan ada lima hal yang paling perlu Anda waspadai, karena Anda cenderung melupakan kelima hal tersebut:

1. Tidak mencuci tangan setelah beraktivitas

Aktivitas apapun, tentunya melibatkan Anda dan sebuah benda. Dan di sinilah kuman berpindah melompat ke tangan Anda. Contohnya saja setelah buang air kecil, biasanya Anda akan mengambil tisu, kemudian langsung kabur melanjutkan pekerjaan Anda, sementara Anda tak sadar bahwa di tangan Anda kuman sedang bersantai.

Kebiasaan buruk ini harus Anda lepaskan. Pastikan Anda selalu mencuci tangan Anda dengan sabun setelah Anda melakukan kegiatan, terutama yang berhubungan dengan hal-hal pembuangan dan kotoran.

2. Mencicipi buah sample di supermarket

Bagaimana Anda bisa tahu dan memutuskan membeli jeruk di supermarket jika rasanya saja Anda tak tahu? Oleh sebab itu Anda memutuskan mengambil sepotong contoh sample buah demi mencicipi manis tidaknya buah yang akan Anda beli.

Dan tahukah Anda, bahwa buah yang sedang Anda pegang ternyata telah dipegang oleh lebih dari sepasang tangan orang asing? Di mana Anda tak tahu kuman apa saja yang telah menempel di tangan-tangan mereka.

http://www.metrogaya.com/files/imagecache/gambar_content/gambar/kesehatan/bugar%201.jpg

Bayangkan saja, apakah Anda mau memakan makanan yang telah dipegang tangan orang asing? Tentu tidak kan?

Ingat selalu waspada kuman yang mengancam alhasil perpindahan dari tangan ke tangan yang menyentuh buah-buahan tersebut. Masih ada cara lain mengetahui manis tidaknya buah yang akan Anda beli kok![break]

3. Menutup dengan tangan ketika bersin

Secara reflek tatkala Anda bersin Anda langsung menengadahkan tangan dan menutupnya ke hidung Anda.

Oo ow! Ini adalah kebiasaan yang buruk dan berbahaya. Ketika bersin, kuman-kuman akan ikut keluar melalui air ludah yang kemudian menempel di tangan Anda. Anda dengan santai mengerjakan aktivitas dan tanpa sadar menyebarkan kuman-kuman tersebut.

Biasakan untuk memakai tisu saat Anda bersin. Segera buang tisu tersebut kemudian cuci tangan Anda dengan sabun agar kuman tak kembali pada tubuh Anda. Dengan kebiasaan bersih Anda ini, Anda akan terhindar dari kuman influenza.

4. Menggosok mata karena gatal

Adakalanya debu membuat mata serasa gatal, stop! jangan digosok!

Ambil obat tetes mata atau kompres mata untuk membuat mata kembali segar. Jangan digosok karena hal ini sangat berbahaya bagi mata Anda. Selain dapat mengakibatkan iritasi, banyak kuman juga akan berpindah dari tangan ke mata Anda.

5. Bermain dengan hewan piaraan

Hewan piaraan memang sangat lucu, Anda pun sangat menyayangi mereka, sampai-sampai rela berbagi tempat tidur dengan mereka. Kegemaran Anda memeluk dan bermain dengan hewan piaraan memang tak ada salahnya, namun ada satu hal yang Anda lupakan, Anda tidak mencuci tangan setelah seharian bermain dengan mereka.

http://4.bp.blogspot.com/_9uhGSRxjyG0/S0ANA952YEI/AAAAAAAAAb8/ZCs_NKNIyNg/s320/lionwhisperer03.jpg

Hewan piaraan tidak bisa menjaga kesehatan dan kebersihan dirinya sendiri, untuk itu Anda yang perlu menjaga kebersihan mereka. Dan Anda juga wajib selalu mencuci tangan dengan sabun setelah puas bermain atau beraktivitas bersama mereka. Banyak kuman dapat menular dari hewan piaraan walaupun hanya sebatas memegang dan membelai bulunya saja.

Mencegah lebih baik daripada mengobati kan? Yuk mulai kebiasaan sehat mulai dari sekarang!



0 komentar:

Post a Comment

adf.ly - shorten links and earn money!

Followers

KOMENTAR TERBARU

TOP KOMENTATOR

ARTIKEL POPULAR

PageRank Personal (Blogs) - TOP.ORG The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku

  ©** - Unik,Aneh,Lucu,Teknologi,Komputer Admin By Cah Yoman

Template by Dicas Blogger | Topo