Ada Klik,Ada Duit,MAU?Gabung Dengan KumpulBlogger.com

Kalori untuk 2 Hari Disantap dalam 12 Menit

img
Sonya Thomas (dok: CBS News)
New York, Rekor makan chicken wing baru saja dipecahkan di Amerika. Dalam waktu 12 menit, wanita berusia 43 tahun melahap 181 potong ayam goreng yang kandungan kalorinya diperkirakan setara dengan kebutuhan energi untuk 2 hari.

Wanita bernama Sonya Thomas itu merupakan juara pertama dalam lomba National Buffalo Wing Festival, yang digelar di New York baru-baru ini. Rekor sebelumnya adalah 175 potong ayam yang dicetak Joey Chesnut pada 2005.

Meski juara, wanita asal Virginia yang memiliki berat badan 47 kg dan tinggi badan 152 cm ini tampaknya tidak boleh terlalu bangga. Sebab rekor itu bukan merupakan pencapaian yang sehat sehingga tidak ada gunanya untuk ditiru.

Dikutip dari CBS News, Rabu (8/9/2010), 181 potong ayam dengan total seberat 2,2 kg yang disantap dalam 12 menit itu memiliki kandungan 4.583 kalori. Kandungan itu setara dengan kebutuhan energi untuk beraktivitas normal selama 2 hari.

Apabila tidak habis dibakar untuk beraktivitas, kelebihan kalori itu akan disimpan dalam sebagai lemak. Jika dijadikan kebiasaan, dampaknya akan memicu berbagai penyakit termasuk diabetes dan masalah pada jantung.

Belum lagi jika dilihat lebih detail kandungan nutrisi dalam 181 potong sayap ayam tersebut. Sedikitnya, Sonya telah menyantap 198,7 gram lemak, dengan 54 gram di antaranya merupakan lemak jenuh yang tidak baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Normalnya, dalam sehari manusia hanya membutuhkan lemak antara 65-85 gram. Dari jumlah tersebut, asupan lemak jenuh tidak boleh melebihi 20 gram agar tidak membahayakan kesehatan secara umum.

Tidak hanya itu, Sonya juga telah memberikan beban berlebih kepada hati dengan menyantap 1.824 mg kolesterol dalam sayap ayam tersebut. Padahal menurut American Heart Association (AHA), kebutuhan kolesterol manusia tidak lebih dari 300 mg perhari.

Untuk sedikit menetralisir dampak buruk dari aksi pemecahan rekor tersebut, Sonya wajib mengonsumsi banyak air dalam beberapa minggu ke depan agar beban pada ginjal dan hatinya tidak terlalu berat. Ia juga harus mengonsumsi serat sebanyak mungkin agar ayam itu bisa dicerna dengan baik.

sumber

0 komentar:

Post a Comment

adf.ly - shorten links and earn money!

Followers

KOMENTAR TERBARU

TOP KOMENTATOR

ARTIKEL POPULAR

PageRank Personal (Blogs) - TOP.ORG The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku

  ©** - Unik,Aneh,Lucu,Teknologi,Komputer Admin By Cah Yoman

Template by Dicas Blogger | Topo