Ada Klik,Ada Duit,MAU?Gabung Dengan KumpulBlogger.com

TKI di Malaysia Berkurang 300 Ribu





Wakil Dubes RI di Malaysia, Tatang Budi Utama Razak, mengungkapkan jumlah tenaga kerja Indonesia di negeri jiran tersebut mengalami penurunan.

“Tahun ini kami mendapatkan data dari imigrasi, yaitu TKI yang sebelumnya 1,2 juta orang, sekarang hanya 900 ribu lebih,” kata Tatang Budi Utama Razak di sela kunjungan ke Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Minggu (26/9/2010).

Menurut dia, pihaknya mencoba melakukan pencegahan supaya tidak terjadi eksploitasi manusia di luar negeri dengan melakukan kampanye peduli masyarakat. “Kampanye kesadaran masyarakat di kantong-kantong dimana kemungkinan besar banyak TKI baik di Jawa maupun diluar Jawa,” terangnya.

Langkah tersebut cukup efektif. “Katakanlah pembantu rumah tangga, misalnya pada empat tahun yang lalu ketika pada masa awal saya bertugas yaitu sekitar 400 ribu orang yang resmi, sekarang menjadi 200 ribu orang, belum lagi di sektor-sektor lain,” kata dia.

Tatang menambahkan, perlu penataan kembali hubungan tenaga kerja ldari perundingan tetapi di sisi lain apalah artinya sebuah perjanjian kalau kita yang ada di lapangan tidak memahami dan terus melakukan permasalahan. Tatang juga menjelaskan bahwa Malaysia sangat tergantung dengan tenaga kerja asing, dan 68 persen di antaranya adalah orang Indonesia.

Adapun orang-orang Indonesia yang berada di Malaysia itu bukan hanya tenaga kerja buruh serta pembantu rumah tangga dan konstruksi bangunan tetapi ada 5.000 ekspatriat seperti di Petronas, perbankan, perguruan tinggi, teknologi informasi, penerbangan, serta di rumah sakit. Bahkan, lanjutnya, ada yang digaji 10 ribu dollar. Hal itu menunjukkan bahwa Malaysia sangat tergantung terhadap Indonesia dari ahli-ahli yang ada di sana, terlebih lagi dengan TKI.

Menjadi Persoalan

Tatang Budi datang untuk mendata kembali berbagai persoalan yang ada di perbatasan. Dia menyampaikan, Kedubes RI di malaysia dan beberapa perwakilan lainnya seperti Konsulat Jendral di beberapa negara bagian terus berupaya untuk melakukan langkah-langkah di samping penanganan berbagai persoalan politik, ekonomi, sosial, budaya Menurut dia, kedekatan geografis dan berbagai kemudahan terlebih lagi dari masa lalu masih menjadi persoalan yang terus ditangani.

“Jadi, banyak sekali orang Indonesia karena ketidaktahuan dan ketidakpahaman mereka. Pertama menghadapi tekanan atau tindakan ekonomi dia harus mencari pekerjaan, di sisi lain juga ada dimanfaatkan oleh pihak ketiga (di mana) dengan ketidakpahaman itu mudah sekali mereka di eksploitasi,” kata dia.

Sedangkan mengenai penghentian pengiriman TKI, Tatang menjelaskan itu terjadi ketika ada persoalan yang muncul terhadap pembantu rumah tangga asal Indonesia. Ia menegaskan bahwa sejak bulan Mei, secara resmi seharusnya tidak ada pengiriman. “Tapi kami mendapat laporan dan melihat di lapangan tetap terjadi pengiriman yang dilakukan oleh individu umum. Ini sangat disayangkan karena ini juga merugikan kepada TKI itu sendiri,” katanya.

Indonesia sedang berusaha negosiasi dengan Malaysia melakukan perubahan di dalam nota kesepahaman untuk lebih memberikan perlindungan supaya kejadian yang merugikan TKI tidak terulang kembali. Ia mohon kepada semua pihak agar bersabar sampai perubahan nota kesepahaman itu, yang memberikan jaminan lebih baik kepada TKI ini bisa dilaksanakan.





sumber :http://kampungtki.com/baca/19422

0 komentar:

Post a Comment

adf.ly - shorten links and earn money!

Followers

KOMENTAR TERBARU

TOP KOMENTATOR

ARTIKEL POPULAR

PageRank Personal (Blogs) - TOP.ORG The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku

  ©** - Unik,Aneh,Lucu,Teknologi,Komputer Admin By Cah Yoman

Template by Dicas Blogger | Topo