Ada Klik,Ada Duit,MAU?Gabung Dengan KumpulBlogger.com

Keadaan Buruh Wanita Malang di Pabrik Microsoft



Lokasi: Pabrik KYE Systems di Dongguan City, China.

Suhu ruangan pabrik yang luasnya hanya 35mx35m dan bisa di padati sampai 1000 buruh ini rata-rata sekitar 30 derajat celcius! Bayangkan dengan kebiasaan kita yang bekerja di ruangan ber-AC dengan suhu 25 derajat celcius. Kemungkinan besar ruangan kerja mereka juga di kasih AC tapi dengan jumlah pekerja yang begitu banyak, tentunya AC nya juga mesti banyak. Dan hal ini menyedot terlalu banyak listrik.



Mereka bekerja 6 sampai 7 hari seminggu dengan 15 jam shift per hari. Saking capeknya, kadang mereka cuma mau tidur saja setelah kerja. Kerja - tidur dan kerja - tidur setiap harinya seperti tidak ada kehidupan lagi buat mereka apalagi dengan gaji yang hanya ukuran UMR nya Indonesia, Rp.1jt/bulan dan ini berarti 1 jam nya mereka cuma dibayar sekitar Rp.3000/jam nya. Satu minggu kerja sekitar 80 jam, alias di paksa lembur tiap hari sampai kecapekan banget!



Banyak pekerja yang mengeluh karena mereka di perlakukan seperti budak, hidup untuk kerja, bukan kerja untuk hidup. Selain penderitaan ini, mereka juga kadang di lecehkan secara sexual oleh para staff pria.




Cewek-cewek pekerja buruh di Pabrik Microsoft yang harus bekerja dari jam 7.45 pagi sampai hampir jam 11 Malam setiap harinya.




Mereka di berikan asrama dengan kapasitas 14 orang per kamar nya. Yang lebih parahnya, mereka harus beli sendiri kasur karena pabrik hanya memberikan papan triplek untuk mereka tidur. Jadi kalo tidak beli kasur, cewek-cewek muda ini terpaksa tidur di atas papan triplek selebar 70cm. Pada saat mandi juga mereka hanya boleh membawa satu-dua ember air untuk membasuh badan nya (hemat air utk pabrik).




Untuk menghemat tempat, kadang ada 1000 buruh yang di padatkan di dalam ruangan yang hanya sebesar 35m x 35m dalam rumah asrama mereka.



Gaji para buruh wanita muda ini hanya Rp.1 juta per bulan nya dan mereka sering kali kecapekan sampai tidur di meja kerja pada waktu istirahat. Belum lagi makanan yang hanya sekedarnya, sudah capek di kasih waktu istirahat yang sangat minim dan makanan tidak bergizi. Memang malang juga nasib buruh wanita di China.

Microsoft mengatakan akan melakukan investigasi atas laporan foto ini. Komisi hak asazi manusia di China juga sudah berencana untuk melakukan investigasi atas pabrik-pabrik di China yang membuat barang-barang pesanan dari Microsoft.


Sumber : http://ujung-bumi.blogspot.com/2010/09/foto-keadaan-buruh-wanita-malang-di.html

0 komentar:

Post a Comment

adf.ly - shorten links and earn money!

Followers

KOMENTAR TERBARU

TOP KOMENTATOR

ARTIKEL POPULAR

PageRank Personal (Blogs) - TOP.ORG The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku

  ©** - Unik,Aneh,Lucu,Teknologi,Komputer Admin By Cah Yoman

Template by Dicas Blogger | Topo