Ada Klik,Ada Duit,MAU?Gabung Dengan KumpulBlogger.com

Ketika Anak Bertanya Soal Seks

Menjawab pertanyaan soal seks dari anak-anak bagi orang tua bisa jadi merupakan kengerian tersendiri. Bahkan orang tua yang percaya diri pun bisa kelu lidahnya dan kikuk manakala menyangkut seks. Akan tetapi, persoalan itu tak bisa dihindarkan. Dengan menjawab pertanyaan anak selama mereka tumbuh, orang tua dapat membantu pengertian yang benar soal seksualitas pada anak. Situs kidshealth.org mencoba membantu Anda.

Kapan anak mulai ingin tahu soal seks?

Anak-anak adalah manusia juga, sehingga mereka pun merupakan makhluk seks. Inilah yang harus dipahami oleh para orang tua. Tidak saja anak-anak, bahkan bayi pun memiliki rasa ingin tahu tentang tubuhnya, yang merupakan sifat yang sehat dan normal.
Macam sikap seksual apa yang anak-anak pertunjukan?

Anak kecil akan sering menyentuh tubuhnya sendiri manakala mereka telanjang, seperti kala mandi atau sedang dibedaki. Pada tingkat perkembangan ini, mereka tidak tahu soal sopan santun. Reaksi orang tua mereka akan mengatakan bahwa tindakan si anak boleh atau tidak dilakukan. Anak kecil jangan dikata-katai atau dibuat malu dengan ketertarikan mereka pada tubuhnya. Beberapa orang tua memilih secara halus untuk sambil lalu membiarkan hal itu. Beberapa mengakui bahwa - meski mereka tahu hal itu (menyentuh tubuhnya sendiri) hal yang bagus – tindakan itu adalah tindakan privasi. Orang tua bisa menjelaskan bahwa yang mereka harapkan kepada anak adalah tindakan itu adalah tindakan privasi.


Orang tua juga harus peduli tentang masturbasi manakala anak mereka terlihat asyik dengan “kerajinan” tangannya itu. Korban pelecehan seksual kadang-kadang menjadi asyik dengan rangsangan-sendiri (self-stimulation).


Apakah baik menggunakan kata ganti untuk anggota tubuh, seperti “burung” untuk penis?

Sampai anak berumur tiga tahun, orang tua bisa menggunakan nama asli kata-kata anatomi. Kedengarannya memang medis banget, tapi tidak ada alasan mengapa label yang benar tidak digunakan sementara anak bisa mengatakan hal itu. Kata-kata itu – penis, vagina, dll. – harus diucapkan sebagaimana mestinya tanpa ada rasa risih atau malah melucu. Anak pun akan belajar menggunakan kata itu pada situasi yang benar tanpa rasa malu.


Dalam kenyataannya, hal inilah yang dilakukan banyak orang tua. Jajak pendapat yang dilakukan Gallup menunjukkan, 67% orang tua menggunakan nama sebenarnya jika merujuk ke bagian-bagian tubuh lelaki atau perempuan.
Apa jawaban Anda jika anak Anda bertanya dari mana datangnya seorang bayi?

Tergantung pada usia berapa anak Anda, Anda bisa bilang bahwa seorang bayi tumbuh dari sebuah telur yang ada di dalam rahim, sambil menunjuk perut ibu, dan keluar melalui tempat khusus yang disebut vagina. Tidak perlu dijelaskan aksi bercinta sebab anak sekecil itu tidak akan memahami konsep itu.


Bagaimanapun, Anda dapat menyatakan saat seorang pria dan wanita saling mencintai, mereka akan saling dekat satu sama lainnya. Katakan pada mereka bahwa sperma lelaki bertemu dengan sel telur wanita dan bayi mulai tumbuh. Kebanyakan anak berusia di bawah enam tahun akan menerima jawaban ini. Buku manual tentang perkembangan anak juga bisa membantu. Jawab pertanyaan anak Anda dengan terus terang, dan Anda akan kemungkinan besar Anda menemukan bahwa si kecil begitu senang dengan informasi yang diperolehnya.
Apa yang Anda lakukan jika menemukan si kecil sedang main “dokter-dokteran” dengan anak lain?

Anak usia 3 – 6 tahun biasanya senang main beginian. Banyak orang tua bereaksi terlalu keras ketika melihat atau mendengar anak mereka bermain dokter-dokteran. Mencerca habis-habisan bukanlah jalan terbaik mengatasi persoalan. Begitu juga dengan membolehkan hal itu juga kurang bagus. Acapkali, kehadiran orang tua cukup untuk menghentikan permainan itu.


Anda harus bijak untuk mengarahkan perhatian anak ke kegiatan lain tanpa membuat banyak pertentangan. Kemudian, duduk bersama untuk membicarakan hal itu. Jelaskan bahwa meskipun Anda mengerti keinginannya untuk memegang-megang tubuh temannya, ia sedang tumbuh menjadi gadis atau pria dewasa, dan orang pada umumnya menjaga tubuhnya tidak terlihat orang lain. Dengan cara ini Anda membuat batasan tanpa membuat si anak merasa bersalah.


Pada usia itu juga tepat untuk mengajarkan soal rabaan yang boleh dan tidak. Katakan pada anak Anda bahwa tubuhnya adalah miliknya dan itu bersifat pribadi. Tak seorang pun boleh menyentuhnya kalau ia tidak suka atau tidak menginginkan. Jika ada orang yang sengaja atau tidak menyentuhnya, katakan pada orang itu untuk menghentikannya.


Kapan orang tua seharusnya duduk bersama anak berdiskusi soal “burung dan teman-temannya”?

Sebenarnya, jangan! Pelajaran seks adalah pelajaran yang berurutan, tidak bisa sak deg sak nyet. Ini bukan proses yang seketika, langkah demi langkah sesuai dengan perkembangan si anak. Pertanyaan si anak harus dijawab sesuai dengan perkembangan umurnya sehingga rasa keingintahuannya tersalurkan seiring dengan kedewasaannya.


Jika anak Anda tidak bertanya soal seks, jangan abaikan hal ini. Pada saat ia berumur lima tahun, Anda bisa mulai memperkenalkan buku yang menyinggung soal seksualitas sesuai dengan perkembangan umurnya. Orang tua sering kesulitan menemukan kata-kata yang tepat, tetapi ada banyak buku bagus yang bisa membantu.


Pada umur berapa telanjang di rumah mulai dibatasi?

Masing-masing keluarga memiliki standar sendiri untuk urusan ini. Meski standar masing-masing keluarga berbeda, privasi merupakan konsep penting bagi semua anak untuk dipelajari. Orang tua harus menjelaskan batasan privasi yang diperbolehkan sama seperti peraturan rumah lainnya. Pada umumnya, anak-anak akan belajar dari batasan-batasan yang Anda buat bagi mereka.


Sampai tahap mana orang tua bisa menyerahkan ke sekolah soal pendidikan seksual?

Orang tua seharusnya memulai pendidikan seks jauh sebelum anak bersekolah. Pengenalan pendidikan seks formal di kelas bervariasi; biasanya yang diberikan berkisar anatomi, kontrasepsi, penyakit menular seksual, dan kehamilan. Orang tua harus terbuka untuk menjelaskan pertanyaan atau hal-hal yang belum jelas. Sekolah cenderung mengajar hal-hal yang berbau ilmu daripada moral. Pada area inilah peran orang tua sangat besar.
Pada umur berapa seorang gadis diberi tahu soal menstruasi?

Gadis (dan juga lelaki) harus diberi informasi soal ini pada umur sekitar delapan tahun, dalam beberapa hal mungkin sudah diberikan di sekolah. Buku mungkin bisa membantu, namun ibu harus juga membagi pengalaman mereka dengan sang putri, termasuk saat pertama kali mereka mulai menstruasi dan bagaimana rasanya.




0 komentar:

Post a Comment

Followers

KOMENTAR TERBARU

TOP KOMENTATOR

ARTIKEL POPULAR

PageRank Personal (Blogs) - TOP.ORG The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku

  ©** - Unik,Aneh,Lucu,Teknologi,Komputer Admin By Cah Yoman

Template by Dicas Blogger | Topo