Ada Klik,Ada Duit,MAU?Gabung Dengan KumpulBlogger.com

Mengapa Menangkap Ayam Harus Dari Samping?

http://image.shutterstock.com/display_pic_with_logo/157696/157696,1207217332,1/stock-photo-illustration-of-colorful-cock-is-running-with-fear-11074717.jpg
Pernah mencoba menangkap kelinci? Dengan mengendap-endap kita mengikuti gerak-gerik kelinci. Anehnya, si "playboy" itu tahu kalau diikuti. Dengan sigap langsung ia lari menjauh. Apakah kelinci punya radar di punggungnya? Ternyata, berdasarkan penelitian, satu mata kelinci memiliki sudut pandang sekitar 180o lebih sedikit. Berarti dengan kedua matanya ia bisa melihat sekeliling tempat ia berada tanpa berpaling.

Lalu, bagaimana harus menerobos radar mata seperti itu?

Ternyata mudah saja. Kita harus meniru lalat yang bisa menclok di hidung kelinci tanpa ketahuan. Kuncinya justru mengendap-endap dari depan. Aneh, ya?

Begitulah, meski bisa melihat sekeliling, tapi karena letak mata berada di sisi kiri dan kanan kepalanya, kelinci malah tidak bisa melihat hidungnya. Melalu jalur hidung inilah lalat bisa berkelit dari pandangan mata si kelinci.

Mata di samping memang bisa memberi ruang pandang yang lebih luas. Kuda, misalnya, memiliki sudut pandang sekitar 150o. Masih di bawah kelinci memang, sehingga untuk melihat tubuhnya kuda masih harus menoleh. Akan tetapi, sudut pandang itu lebih lebar dibandingkan milik manusia, yang hanya 120o.

Pun begitu, mata samping kalau tidak ditunjang dengan koordinasi penglihatan yang lengkap, ya sia-sia belaka. Sebabnya, mata 'kan bertugas memantau dan mengirim data ke otak. Jika kedua mata tidak bisa bekerja sama dengan baik, terpaksa otak mengolah data kiriman mata secara terpisah. Inilah yang menimpa ayam. Meski matanya di samping, karena koordinasi penglihatan jelek, ayam hanya bisa memanfaatkan satu matanya sekali pandang. Jadi, begitu ada betina lewat di samping kirinya, ayam jantan pun langsung mengaktifkan mata kirinya terus menerus. Nah, saat itulah, tangkap saja ayam dari sisi kanan. Pasti dapat! He-he-he ... ini hanya guyon. Tapi memang begitulah kalau mau menangkap ayam. Dari salah satu sisinya

sumber : http://www.artikelpintar.com/2010/08/mengapa-menangkap-ayam-harus-dari.html

0 komentar:

Post a Comment

adf.ly - shorten links and earn money!

Followers

KOMENTAR TERBARU

TOP KOMENTATOR

ARTIKEL POPULAR

PageRank Personal (Blogs) - TOP.ORG The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku

  ©** - Unik,Aneh,Lucu,Teknologi,Komputer Admin By Cah Yoman

Template by Dicas Blogger | Topo