Ada Klik,Ada Duit,MAU?Gabung Dengan KumpulBlogger.com

SBY: Jakarta Sudah Tidak Ideal Jadi Ibukota

http://stat.k.kidsklik.com/data/photo/2010/08/06/1428246620X310.jpg


Meski ada di urutan terakhir dalam isu yang dibahasnya, Presiden SBY tetap beranggapan bahwa Jakarta sudah tidak ideal menjadi Ibukota negara. Kondisi ini memaksa adanya sebuah solusi besar yakni pemindahan ibukota.

"Kalau kita jujur dan berfikir jernih, Jakarta sebagai Ibukota, pusat pemerintahan, pusat ekonomi dan perdagangan sudah tidak lagi ideal," ujar SBY saat menyampaikan pidatonya di Istana Negara, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Rabu (8/9/2010).


http://sehatmusehatku.files.wordpress.com/2010/08/macet1.jpg


Menurut SBY, tidak idealnya Jakarta sebagai Ibukota salah satunya karena rasio pertumbuhan penduduk Ibukota dengan segala infrastruktur pendukungnya sudah tidak memungkinkan.

"Pertumbuhan kendaraan baik roda dua maupun roda empat per tahun mencapai 10 persen-15 persen, sedangkan pertumbuhan panjang jalan hanya sekitar 0.01%. Sistem drainase dan lainnya juga kurang baik," terangnya.

Untuk mengatasi semua permasalahan di Ibukota, menurut SBY tidak bisa dilakukan dengan sistem tambal sulam, perlu sebuah solusi besar. SBY pun kembali menawarkan tiga opsi untuk terkait dengan pemindahan ibukota.


http://www.matanews.com/wp-content/uploads/susilo-bambang-yudhoyono-is-smiling-happy.jpg


"Setelah kita telaah, memang harus ada keputusan dan solusi besar yang tidak bisa tambal sulam lagi. Kita harus punya rencana strategis untuk 20, 30, 40 mendatang. Kita pikirkan 3 opsi untuk solusi Ibukota," tambah SBY yang pada kesempatan kali ini mengenakan kemeja batik biru.

Tiga solusi yang dimaksudkan SBY tersebut yakni,
1. Tetap mempertahankan Jakarta sebagai Ibukota dengan melakukan pembenahan terhadap semua permasalahan yang ada di Jakarta.
2. Memindahkan pusat pemerintahan dari Jakarta namun tetap mempertahankan Jakarta sebagai pusat perdagangan, seperti yang dilakukan Malaysia.
3. Memindahkan Ibukota seluruhnya, dalam artian pusat pemerintahan dan pusat perekonomian, seperti yang dilakukan Brasil, Belanda dan Australia.
(her/gah)



sumber :http://www.detiknews.com/read/2010/09/08/211706/1438228/10/sby-jakarta-sudah-tidak-ideal-jadi-ibukota?991102605

0 komentar:

Post a Comment

Followers

KOMENTAR TERBARU

TOP KOMENTATOR

ARTIKEL POPULAR

PageRank Personal (Blogs) - TOP.ORG The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku

  ©** - Unik,Aneh,Lucu,Teknologi,Komputer Admin By Cah Yoman

Template by Dicas Blogger | Topo