Ada Klik,Ada Duit,MAU?Gabung Dengan KumpulBlogger.com

Ilmuwan Ciptakan Alat Cegah Kantuk saat Mengemudi

Jakarta - Ilmuwan Jerman berhasil menciptakan alat yang mampu mencegah pengemudi mengantuk saat berkendara. Temuan ini bisa menyelamatkan 300 ribu nyawa pengemudi di seluruh dunia.

Sistem alat ini dikembangkan di Fraunhofer Institute for Digital Media Technology. Teknologi ini dilengkapi kamera mini yang mengawasi gerak mata. Ketika pengemudi ketahuan menunduk dan mata berada di luar sensor kamera, alarm akan berbunyi dan membangunkan pengemudi, seperti dikutip dari Telegraph.

Sensor kamera itu dibuat selalu mengikuti gerak mata ketika pengemudi menengok ke kanan atau kiri. Perangkat ini menggunakan enam kamera kompak kecil dengan ukuran lensa 3-4 milimeter yang diletakkan di dashboard mobil.

Sistem kamera ini mampu memproses 200 gambar dalam hitungan detik. Aktivitas kantuk pengemudi akan dideteksi menggunakan parameter posisi mata dan garis mata yang searah dengan posisi kepala pengemudi.

"Kami mengembangkan sistem modular kecil lengkap dengan hardware dan software di dalamnya sehingga garis pandang dapat langsung dikomputasi kamera," kata Profesor Peter Husar, kepala tim peneliti.

Sistem ini diberi nama Eye Tracker. Alat ini dilengkapi dua kamera yang mampu merekam gambar tiga dimensi. Karenanya, alat ini dengan mudah mengetahui posisi pupil mata dan garis penglihatan. Perangkat ini akan segera mengenali gerak mata lelah pengemudi atau ketika pengemudi menutup mata sejenak.

Sistem ini akan dipasarkan akhir tahun ini seharga 100 euro (Rp 1,2 juta). Selain itu, alarm alat ini dapat dimodifikasi sesuai keinginan, termasuk bentuk lampu menyala, bel, sirine, atau getar setir mobil.


sumber

0 komentar:

Post a Comment

Followers

KOMENTAR TERBARU

TOP KOMENTATOR

ARTIKEL POPULAR

PageRank Personal (Blogs) - TOP.ORG The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku

  ©** - Unik,Aneh,Lucu,Teknologi,Komputer Admin By Cah Yoman

Template by Dicas Blogger | Topo