Ada Klik,Ada Duit,MAU?Gabung Dengan KumpulBlogger.com

Proses Kerja Microwave / Oven Menghasilkan Panas

microwave? sesuai namanya alat ini menggunakan gelombang mikro. gelombang mikro yang digunakan pada microwave oven sebenarnya adalah gelombang elektromagnetik yang mirip dengan gelombang radio. bedanya, microwave punya panjang gelombang lebih pendek dari gelombang radio biasa. nggak salah kalo gelombang ultra-short ini disebut microwave.

walaupun memiliki panjang gelombang yang lebih pendek, gelombang mikro punya frekuensi yang lebih tinggi daripada gelombang radio. sesuai dengan hukum gelombang, panjang gelombang berbanding terbalik dengan frekuensinya. makin besar frekuensinya maka makin pendek panjang gelombangnya.

gelombang yang lebih pendek akan lebih efektif menyebar dalam area yang luas. contohnya adalah kecanggihan gelombang pendek yang dapat kita temui pada sebuah radar. dengan gelombang yang pendek, frekuensi yang besar dan kemampuan membawa data yang lebih baik.



dalam berbagai penelitian, gelombang mikro memiliki panjang gelombang dan frekuensi yang tepat untuk bisa menembus bahan tanpa merusak bahan tersebut. microwave mampu menembus makanan dan mencampur molekul-molekul air dan lemak secara merata. gelombang mikro pada frekuensi 2500 MHz dapat diserap air, lemak dan gula sehingga atom dapat teraduk dan menghasilkan panas. hal inilah yang secara nggak langsung membuat masakan matang.

proses tersebut nggak memerlukan konduksi panas seperti oven biasa. oleh karena itu, proses berjalan dengan cepat. dan gelombang mikro pada frekuensi ini nggak akan menembus bahan seperti gelas, keramik, dan sebagian jenis plastik. bahkan bahan logam akan memantulkan gelombang ini.


kemampuan microwave menghaslikan panas juga digunakan pada dunia kesehatan. yaitu untuk menghancurkan tumor dalam tubuh. pada saat gelombang di arahkan ke tumor, panasnya akan megaduk atom pada tumor sehingga dapat menghancurkannya.

source: http://www.indowebster.web.id/

0 komentar:

Post a Comment

adf.ly - shorten links and earn money!

Followers

KOMENTAR TERBARU

TOP KOMENTATOR

ARTIKEL POPULAR

PageRank Personal (Blogs) - TOP.ORG The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku

  ©** - Unik,Aneh,Lucu,Teknologi,Komputer Admin By Cah Yoman

Template by Dicas Blogger | Topo