Ada Klik,Ada Duit,MAU?Gabung Dengan KumpulBlogger.com

Takut Gempa, Iran Pindahkan Ibu Kota


Int
TEHERAN -- Gempa menjadi momok tersendiri bagi pemerintahan Ahmadinejad. Iran sedang mempertimbangkan untuk memindah ibu kota Teheran karena khawatir akan dilanda gempa hebat seperti diprediksi sejumlah ahli.

Para ahli gempa memperingatkan bahwa Teheran kemungkinan besar terkena gempa dalam beberapa tahun kedepan. Pemindahan ibu kota dilakukan untuk menghindari banyaknya korban yang disebabkan oleh bencana alam tersebut. Teheran berpenduduk 12 juta jiwa. Bertambah 250 ribu orang sejak awal abad 20.

Seperti ditulis the Guardian, ide untuk memindahkan ibu kota datang dari pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khomeini dan disetujui oleh dewan kelayakan. Tidak dijelaskan ibu kota tersebut akan dibangun mulai di tempat baru atau hanya dipindahkan ke kota lain.

Iran telah berpindah-pindah ibu kota beberapa kali sepanjang sejarahnya. Seperti di Kota Isfahan, Qazvin, Shiraz, Mashhad, dan Hamedan. Sejak Agha Mohammad Khan, raja dinasti Qajar, menyatakan Teheran sebagai ibu kota sejak 1795, kota tersebut telah menjadi pusat budaya, sosial, ekonomi, dan politik, Iran.

Rencana pemindahan ibu kota muncul pertama kali sejak 20 tahun lalu. Namun pemerintah baru berpikir serius mengenai hal itu setelah terjadi gempa bumi yang menghancurkan Kota Bam, tenggara Iran. Sekitar 40 ribu orang dilaporkan tewas. Teheran berdiri di atas seidikitnya 100 garis patahan bumi dan ahli memprediksi, bangunan di atasnya tidak akan tahan jika terjadi gempa hebat.

sumber

0 komentar:

Post a Comment

adf.ly - shorten links and earn money!

Followers

KOMENTAR TERBARU

TOP KOMENTATOR

ARTIKEL POPULAR

PageRank Personal (Blogs) - TOP.ORG The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku

  ©** - Unik,Aneh,Lucu,Teknologi,Komputer Admin By Cah Yoman

Template by Dicas Blogger | Topo