Ada Klik,Ada Duit,MAU?Gabung Dengan KumpulBlogger.com

Yolanda Santosa, Desainer Grafis handal Indonesia

Yolanda Santosa : Profil dan Karya

Yolanda Santosa wanita kelahiran Jakarta, Februari 1978, sejak duduk di bangku Sekolah Dasar Don Bosco Jakarta, selalu unggul di bidang seni.

Saat pindah ke Singapura mengikuti orang tuanya, setamat sekolah dasar, Yo–panggilan akrabnya–makin memantapkan jalur hidupnya di bidang ini. Apalagi ketika ia merasa tak mampu menikmati pelajaran biologi dan matematika yang diberikan gurunya di Opera Estate Primary School dan Katong Convent Secondary School di Singapura.

Pada tahun 1995, kuliah di Art Center College of Design, Los Angeles. Ia menekuni desain grafis gerak (motion graphic design) dan branding. Di sanalah juga dia mulai untuk hidup mandiri.

Hidup dari jerih payah sendiri adalah sesuatu yang menyenangkan. (selalu) Belajarlah bertahan hidup di atas kaki sendiri'

Hari ini, Yo menjabat sebagai Direktur Kreatif perusahaan desain Ferroconcrete di Los Angeles, Amerika Serikat.



Karir Yo dan Nominator Emmy Awardnya..

Setelah lulus kuliah, Yo sempat bekerja di perusahaan desain yU+co. Di sana ia memenangi tender untuk membuat film title, main title, opening show film serial televisi yang populer di AS, yaitu Desperate Housewives (2004), The Triangle (2005), dan Ugly Betty (2006) .

Dari ketiganya itulah pula Yo dinobatkan sebagai nominator pada Emmy Award untuk Outstanding Main Title Design selama 3 tahun berturut-turut dari tahun 2005 s.d 2007.

1. Desperate Housewives (2004)


Kreator film ini, Marc Cherry, menginginkan ada penggambaran yang komunikatif tentang beberapa istri yang sedang patah hati, murung, tapi terkait dengan sejarah.

Yo menganggap permintaan itu sebagai sebagai tantangan. Bagi Yo tantangan adalah mengenai cara menyambungkan dan mengaitkan beragam aliran juga gaya visual sehingga hasilnya menjadi sesuatu yang kohesif. Dan ternyata, Yo memenangi tender itu dengan mengalahkan lima perusahaan lain. Saat itulah Yo merasa benar-benar menjadi local lead designer dan art director dan momen inilah yang paling berkesan dalam hidupnya.

Kerja kerasnya dalam proyek DESPERATE HOUSEWIVES, akhirnya dinominasikan pada Emmy Award untuk Outstanding Main Title Design tahun 2005

Umur berapa nih Yolanda Santosa ketika masuk dalam nominasi Emmy tahun tersebut ????

2. The Triangle (2005)


sebuah miniseri fiksi ilmiah tentang Segitiga Bermuda , yang ditayangkan pada Sci-Fi Channel dari 5 Desember - 7 Desember 2005. Disini Yo bekerja sama dengan Garson Yu (creative director/designer) , Robert Cribbett (compositor/designer), Nate Homan (animator/designer).

THE TRIANGLE dinominasikan pada Emmy Award untuk Outstanding Main Title Design tahun 2006

2. Ugly Betty (2006)


Wah kalo yang dulu rajin nonton Betty La Fea setiap sore di TV pasti tahu lah sinopsisnya. hehehehe... .Nah Betty La Fea dibuat remake versi Amerika-nya dengan judul Ugly Betty dan siarkan oleh CBC.

UGLY BETTY dinominasikan pada Emmy Award untuk Outstanding Main Title Design tahun 2007

Jadi, Apa sih Emmy Awards itu ??

Emmy Awards, sering disebut hanya sebagai Emmy, adalah penghargaan untuk karya di industri televisi seperti program hiburan, berita dan menunjukkan dokumenter, dan program olahraga.

Emmy Awards dianggap setara dengan Academy Awards untuk film dan Grammy Awards untuk musik.



Yo dan Film Layar Lebar

Nah, menjadi nominator dalam sebuah penghargaan besar saja sudah sangat membanggakan bukan?..... Tapi tunggu dulu ada juga karya-karya Yo yang juga terdapat dalam film-film yang jadi box office loh boi.

Boi-boi sekalian pasti kaget apa saja sih film-film tersebut??

1. HULK


gak kebayang dalam film ini, ada orang indonesia sebagai desainer-nya

2. 300


Film Favorit Aing boi !!!!!

3. CATWOMAN


wah ini Film yang dibintangin Halle Berry


Yo dan Ferroconcrete

Pada tahun 2006 Yo mendirikan Ferroconcrete yang berbasis di Los Angeles. Kini, Ferroconcrete semakin terkenal sebagai desainer branding & motion graphic di Amerika Serikat. Tarif yang biasa dikenakan Yo untuk pengerjaan satu desain title film minimum US$ 250 ribu. Untuk Kiat sukesnya Ia berpesan :

design something that you yourself is in love with

Untuk produk, Klien dan Karyanya adalah sebagai berikut :

1. Pinkberry

“What makes Pinkberry, Pinkberry? If you said the yogurt, you’re only half right. Customers stand in line for a taste of the yogurt, but they get in that line because of the brand.”

Pinkberry, toko frozen yogurt, sejak dibuka di bulan Januari 2005 dengan nilai penjualan $70 di bulan pertamanya, hingga bertumbuh menjadi 70 outlet di berbagai negara bagian Amerika dalam waktu hanya dua tahun!!!!!

Yo bertanggungjawab terhadap citra seluruh elemen brand Pinkberry: packaging, menu, iklan, materi pemasaran, environment graphics, interior dan eksterior toko, kendaraan, hingga ke web site Pinkberry.






2. ECHO



3. FIRST BLUSH



4. eple


PENUTUP
Apa kunci suksesnya? peraih penghargaan Graphic Design USA 2006 serta Webby Award Honoree 2006 ini dalam bekerja, ia memiliki prinsip mencintai apa yang dikerjakan. Tanpa rasa cinta, menurut dia, sebuah pekerjaan tidak akan membuat seseorang unggul. Yo sangat senang jika industri desain di Indonesia bisa berkembang. Ia menantikan hal itu dan akan selalu menyempatkan menengok negeri kelahirannya.

Sukses terus untuk Yo!

sumber

0 komentar:

Post a Comment

Followers

KOMENTAR TERBARU

TOP KOMENTATOR

ARTIKEL POPULAR

PageRank Personal (Blogs) - TOP.ORG The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku

  ©** - Unik,Aneh,Lucu,Teknologi,Komputer Admin By Cah Yoman

Template by Dicas Blogger | Topo