Ada Klik,Ada Duit,MAU?Gabung Dengan KumpulBlogger.com

Sejarah Yin Dan Yang

Dalam budaya Cina, Yin dan Yang merupakan dua prinsip yang berlawanan di alam. Yin mencirikan sifat feminin atau negatif dari hal-hal dan berdiri. Yang untuk sisi maskulin atau positif. Yin dan yang bermakna berpasang-pasangan, seperti bulan dan matahari, wanita dan pria, gelap dan terang, dingin dan panas, pasif dan aktif, dll Tapi yin dan yang tidak statis atau hanya dua hal terpisah. Sifat Yin dan yang terletak pada pertukarandari dua komponen. Contohnya seperti silih bergantinya siang dan malam.

Konsep Yinyang memiliki sejarah panjang. Ada banyak catatan tertulis tentang Yinyang, yinyang di kenal pada Dinasti Yin (sekitar 1400-1100 SM) dan Dinasti Zhou Barat (1100-771 SM). Yinyang adalah dasar dari Zhouyi (Kitab Perubahan), jing bagian yang ditulis pada Zhou Barat. Yinyang menjadi populer selama Periode Musim Semi dan Gugur (770-476 SM) dan Amerika Berperang (475-221 SM).

Prinsip-prinsip Yinyang adalah bagian penting dari Huangdi Neijing (Yellow Emperor's Classic of Medicine), buku paling awal medis Cina, yang ditulis sekitar 2.000 tahun yang lalu. Mereka masih penting dalam pengobatan tradisional Cina dan fengshui hari ini.

Berikut adalah ringkasan dari karakteristik Yinyang. Yin dan yang berlawanan di alam, tetapi mereka adalah bagian dari alam, mereka saling mengandalkan, dan mereka tidak bisa ada tanpa satu sama lain. Keseimbangan yin dan yang sangat penting. Jika yin lebih kuat, Yang akan menjadi lemah, dan sebaliknya. Yin dan yang dapat saling mengisi dalam kondisi tertentu sehingga mereka biasanya tidak yin dan yang sendirian. Dengan kata lain, yin dapat berisi bagian tertentu dari Yang dan yang dapat memiliki beberapa komponen yin. Hal ini diyakini bahwa Yinyang ada dalam segala hal.


YIN --------------------------------------------> YANG

YIN: 1. perempuan, pasif, prinsip negatif di alam 2. bulan 3. berbayang orientasi 4. utara atau sisi teduh sebuah bukit 5. selatan sungai.

YANG: 1. laki-laki, aktif, prinsip positif di alam 2. selatan atau cerah sisi bukit 3. utara sungai.

Tiga Aspek utama Yin dan Yang


1. Saling bergantung:
The Tai Ji (Agung Ultimate) Diagram menunjukkan hubungan Yin & Yang dan menggambarkan saling ketergantungan pada Yin & Yang. Sama seperti keadaan Yin total mencapai, Yang mulai tumbuh. Yin Yang berisi benih dan sebaliknya. Mereka terus-menerus berubah menjadi satu sama lain. Misalnya: tidak ada energi tanpa peduli, tidak ada hari tanpa malam.
Klasik negara: "Yin Yang dan Yang menciptakan dan mengaktifkan Yin".

2. Mutual konsumsi Yin dan Yang
tingkat relatif Yin Yang terus berubah. Biasanya ini adalah perubahan yang harmonis, tapi ketika Yin atau Yang tidak seimbang mereka mempengaruhi satu sama lain, dan terlalu banyak dari satu akhirnya dapat melemahkan (mengkonsumsi) yang lain.

Empat (4) mungkin menyatakan ketidakseimbangan:
1. Kekuatan yg lebih besar (Kelebihan) dari Yin
2. Kekuatan yg lebih besar (Kelebihan) dari Yang
3. Kelemahan (Defisiensi) dari Yin
4. Kelemahan (Defisiensi) dari Yang
3. Inter-transformasi dari Yin dan Yang.
Satu dapat berubah menjadi yang lain, tetapi bukan peristiwa acak, terjadi hanya ketika waktunya tepat. Sebagai contoh: musim semi hanya datang ketika musim dingin selesai.

Teori dan Sejarah Yin dan Yang

Yin Yang merupakan prinsip dasar, dan teori paling penting dalam TCM, yang mendasari semua fisiologi, patologi & pengobatan.



Yin Yang

Menggabungkan kedua, kita memiliki empat tahapan dari Yin dan Yang


Empat Tahapan Yin Yang

Dengan penambahan garis ekstra, Delapan Trigram (Ba Gua) terbentuk, yang menggambarkan semua arah.


Delapan Trigram (Ba Gua)



Delapan Trigram digabungkan untuk membentuk 64 heksagram, melambangkan semua kemungkinan fenomena alam semesta.

Yin Yang telah dipahami selama berabad-abad, namun diuraikan secara sistematis dan ditulis oleh Tsou Yen dari Yin Yang (Naturalist) School Gugur (476-221 SM).

5 Elemen Teori ini dikembangkan pada saat yang sama.

Sekolah Naturalist dipromosikan ide hidup selaras dengan hukum alam. Beasiswa sekolah ini ditafsirkan fenomena alam dan mengamati bagaimana hal ini tercermin dalam tubuh manusia di bidang kesehatan dan penyakit. Yin dan Yang dan Lima Elemen menjadi bagian integral dari filosofi Cina.

Orang dahulu mengamati 2 fase perubahan siklis konstan. Yin terus berubah menjadi Yang & kembali ke Yin lagi. Hal ini dapat dilihat dalam perubahan empat musim, dan perubahan sepanjang satu hari (24 Jam Cycle), seperti yang terlihat di bawah ini.



Kemungkinan besar teori Yin dan Yang berasal dari ajaran agama agraris zaman kuno. Konsep Yin Yang dikenal dalam Taoisme dan Konfusianisme, walaupun kata Yin Yang hanya muncul sekali dalam kitab Tao Te Ching yang penuh dengan contoh dan penjelasan tentang konsep keseimbangan.

Sumber : http://www.ourworldisamystery.co.cc/2010/05/history-of-yin-yang.html

0 komentar:

Post a Comment

adf.ly - shorten links and earn money!

Followers

KOMENTAR TERBARU

TOP KOMENTATOR

ARTIKEL POPULAR

PageRank Personal (Blogs) - TOP.ORG The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku

  ©** - Unik,Aneh,Lucu,Teknologi,Komputer Admin By Cah Yoman

Template by Dicas Blogger | Topo